5 Tips Sederhana Meringankan Rasa Sakit Bayi Setelah Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu hal penting yang harus Anda berikan kepada buah hati Anda, hal ini bertujuan untuk menjaga buah hati Anda dari berbagai serangan penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Untuk jenis dan jadwal imunisasi bisa Anda lihat di artikel sebelumnya.

Mungkin ketika buah hati Anda memperoleh imunisasi, si kecil akan mengalami beberapa reaksi atau efek samping, seperti demam, munculnya bitnik merah di bagian tangan bekas injeksi, rewel dan beberapa hal lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, lantas memutuskan untuk tidak memberikan vaksin atau imunisasi kepada anak Anda, karena hanya beberapa jenis vaksin atau imunisasi saja yang memiliki efek samping untuk buah hati tercinta Anda, dan beberapa yang lainnya tidak akan menimbulkan efek samping.

Jika buah hati Anda mengalami efek samping terhadap vaksin yang terbilang normal seperti yang kami sebutkan di atas, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara yang sangat mudah, dan dikesempatan ini kami akan memberikan Anda sedikit tips mengenai cara atau tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa meringankan rasa sakit pada bayi setelah imunisasi.

Tips Meringankan Rasa Sakit Setelah Imunisasi

Berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti guna meringankan rasa sakit pada bayi setelah imunisasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Biarkan si Kecil Beristirahat

Bayi bisa menjadi iritasi dan mengantuk, dan bahkan mungkin menolak untuk makan selama beberapa jam setelah divaksinasi. Dalam situasi seperti itu, Anda harus merencanakan beberapa kegiatan yang cukup tenang di rumah agar ia bisa beristirahat. Jaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman, dan pastikan bayi Anda mengenakan pakaian longgar dan bernapas dengan baik.

  1. Dekap bayi Anda

Anda harus tetap berada dekat dengan buah hati Anda, memeluknya erat saat ia mendapatkan suntikan dapat membantu membuatnya tetap tenang. Pegang lengan atas bayi Anda dan berikan dia kenyamanan saat ia mengalami tusukan.

  1. Beri Makan Bayi Anda

Bahkan, bayi yang menyusui saat vaksinasi menangis lebih sedikit. Para ahli percaya bahwa ini karena bayi hidup di ‘momen’, dan mereka dapat beralih dari ‘sakit hati’ ke ‘makanan’ dengan cepat. Memberi makan bayi Anda setelah sesi vaksinasi juga bisa membantu mengurangi rasa sakit.

  1. Gunakan Kompres

Cara lain yang efektif untuk memberikan pereda nyeri pada bayi setelah suntikan adalah mengoleskan waslap bersih yang bersih pada area yang sakit. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit. Jika situasinya tidak membaik dalam 24 jam, Anda mungkin bisa membawanya ke dokter.

  1. Berikan mainan

Salah satu cara terbaik untuk membantu bayi Anda tenang setelah divaksinasi adalah mengalihkan perhatiannya. Bawakan dia beberapa hadiah baru atau mainan yang akan menarik perhatiannya untuk sementara waktu. Anda juga bisa mencoba menyalakan TV, untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa sakitnya.

Dalam kebanyakan kasus, bayi mungkin menangis sedikit setelah divaksinasi, tetapi mereka akan kembali tenang setelah berada di dalam dekapan Anda dan akan kembali tenang dengan sendirinya. Bayi mengalami demam atau beberapa efek lainnya merupakan hal normal, bahkan akan membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu 2-3 hari.

Namun jika buah hati Anda kondisinya tidak membaik dalam kurun 4-5 hari, maka sebaiknya Anda segera membawa si kecil ke dokter guna memperoleh penanganan khusus.